Daerah

Berawal Dari Krisis Pangan, Gethuk Pisang Kini Menjadi Kuliner Yang Digandrungi

  • Jumat, 10 Februari 2023 | 20:00
Gethuk Gedang, Kue Tradisional khas kediri (Facebook / Gethuk Pisang Alkayyis)



LINGKARWILIS.COM - 
Gethuk Pisang merupakan salah satu kuliner khas dari Kediri. Kuliner ini terkenal dengan nama “Gethuk Pisang Kediri”. Seperti namanya, Gethuk Pisang Kediri ini terbuat dari bahan baku pisang yang diolah dengan cara khusus.

Gethuk Pisang Kediri ini memiliki rasa yang unik dan nikmat. Rasa nikmat tersebut berasal dari bahan baku pisangnya yang diolah dengan sedemikian rupa hingga menghasilkan sajian yang nikmat.

Gethuk pisang ini juga menggunakan bahan baku pisang yang dipilih dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan nikmat. Cara membuat Gethuk Pisang Kediri pun cukup mudah.

Baca juga : Ke Kediri Tak Lengkap Jika Belum Menikmati Ragam Kulinernya

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah pisang, gula,dan garam. Pertama-tama, pisang dikupas dan kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, kemudian pisang ditumbuk higga halus dan kemudian dicampur dengan gula, garam, dan tepung sagu.

Kemudian, adonan tersebut dibentuk memanjang atau sesuai selera. Namun gethuk pisang khas kediri memiliki bentuk khas yakni lonjong memanjang. Setelah itu, gethuk pisang sudah bisa dikemas dan dipasarkan. Gethuk pisang biasanya dibungkus menggunakan daun pisang.

Baca juga : Cenil, Si Cantik Manis Khas Kediri

Gethuk pisang khas Kediri biasanya dibuat dari pisang yang sudah matang dan dicampur dengan gula. Pisang yang digunakan pun harus yang sudah matang sehingga rasanya lebih manis dan lebih enak.

Gethuk pisang khas Kediri sangat populer di Jawa Timur sebagai makanan tradisional yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Makanan ini dapat ditemukan di berbagai tempat makan dan pasar tradisional di Kediri.

Baca juga : Kerupuk Upil, Nama Yang Jorok Namun Memiliki Kenikmatan Tersendiri

Selain rasanya yang lezat dan unik, gethuk pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pisang yang digunakan dalam gethuk pisang bisa meningkatkan energi dan memberi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pisang juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Dengan rasa yang unik, siapa sangka jika getuk pisang muncul dari zaman penjajahan Jepang. Penduduk Kediri yang saat itu diserang tentara Jepang mengalami kesulitan keuangan dan pangan.

Pangan yang sulit ditemukan menyebabkan warga mengalami krisis pangan. Dari krisis itulah membuat warga berinovasi mengolah buah pisang menjadi olahan gethuk untuk menyambung hidup.

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya