Daerah

Nganjuk Kantongi Predikat KLA, Tapi Bertebaran Iklan Rokok di Depan Sekolah, Ini Komentar Warga dan Praktisi

  • Kamis, 6 Juli 2023 | 15:32
(iklan rokok terpampang di lingkungan SMA Negeri 2 (Smada) dan SD Negeri 2 Ploso Nganjuk, agus)

 

Nganjuk, Lingkarwilis.id - Reklame dan spanduk yang menjadi media iklan rokok banyak bertebaran di depan kompleks sekolah Jalan Raya Anjuk Ladang, Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk

Padahal di kompleks jalan raya Anjuk Ladang itu terdapat gedung SMA Negeri 2 (Smada) Nganjuk dan SD Negeri 2 Ploso Nganjuk. Sehari-hari ratusan pelajar dari kedua sekolah itu melakukan aktivitas untuk urusan sekolah.

Hampir setiap hari para siswa ini disuguhi iklan-iklan rokok yang sangat mencolok. Ada yang posisinya pas di depan gerbang sekolah, di seberang jalan, di warung samping sekolah, hingga berjajar di sepanjang marka pembatas, baik ke selatan maupun utara.
Kondisi ini cukup ironis mengingat Kabupaten Nganjuk masuk dalam Tujuh Kabupaten Tingkat Pratama di Jatim dalam Penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Baca Juga: Terima Imbauan Pembongkaran Tugu Pencak Silat, Begini Tanggapan Bupati Ponorogo 
  
Dalam pemenuhan kriteria KLA, salah satu indikatornya adalah meniadakan iklan dan promosi yang berpotensi memicu kecanduan rokok pada anak.

Hadi (35), warga Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, mengaku sudah lama melihat reklame-reklame rokok di kawasan sekolah setempat. Ia menilai hal itu tidak pantas

"Sudah bertahun-tahun seperti itu. Saya tidak tahu apakah itu dilarang atau tidak. Tapi menurut saya itu sama saja dengan terang-terangan mengajak anak-anak sekolah Nganjuk untuk merokok," ujar Hadi, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Antisipasi Aksi Jambret, Polres Blitar Gencarkan Patroli, Ini Sasarannya

Seorang pegawai marketing produk rokok besar di Nganjuk yang tidak bersedia disebut namanya mengaku, pemasangan papan-papan reklame rokok di dekat kompleks sekolah Jalan Anjuk Ladang itu sudah berjalan sejak 20 tahun lalu.

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya