Daerah

Cuaca Ekstrem Potensi Sebabkan Bencana di Jawa Timur, Ini Imbauan BPBD Kabupaten Kediri

  • Senin, 10 Juli 2023 | 09:58
(Petugas BPBD Kabupaten Kediri pantau wilayah rawan bencana di Kabupaten Kediri, ist)

Kediri, Lingkarwilis.id  -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan bencana di Kabupaten Kediri. 

Pesan ini menyusul ancaman cuaca ekstrem yang terjadi di Jawa Timur. Ketua BPBD Kabupaten Kediri Stefanus Joko Sukrisno mengimbau warga menghindari wilayah rawan bencana seperti lembah sungai, lereng  rawan longsor, banjir dan pohon rawan tumbang.

Langkah tersebut, kata Stefanus Joko Sukrisno  sebagai upaya mengurangi risiko bencana  yang biasanya diawali dengan tanda tanda alam. 

Baca Juga: Mantan Petugas Kebersihan RSUD SLG Kediri Curi Uang dan Laptop,  Ini Infonya

"Perlu pantau update data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Di Jatim saat ini musim kemarau dan pola angin dominan dari arah timur hingga tenggara," jelas Stefanus Joko Sukrisno. 

Joko menjelaskan prakiraan dari BMKG terkait cuaca ekstrem ini terjadi dalam rentang waktu 7 hingga 13 Juli 2023. 

Beberapa wilayah di Jawa Timur berpotensi mengalami bencana Hidrometeorologi seperti hujan lebat, tanah longsor, hujan es, puting beliung, banjir dan genangan air. 

Baca Juga: Perempuan Muda yang Mayatnya Ditemukan di Desa Bulupasar Pagu, Diduga Dibunuh Ayah Kandungnya Sendiri, Ini Kata Kakeknya

Ditambahkan Joko, adanya gangguan atau ketisakseimbangan dinamika atmosfer menyebabkan peningkatan potensi cuaca Ekstrem.

Rekomendasi Untuk Anda

Berita Terkait

Berita Lainnya